Kamis, 28 Maret 2013

Sehat itu Pikiran

Menjadi sehat, kuat dan pintar adalah sebuah impian. Kita tak bisa beraktifitas dengan sempurna jika kesehatan kita terganggu. Sakit itu tidak enak tau!

Sehat itu Pikiran

Aku pernah baca sebuah artikel tentang mengatur pola hidup sehat, katanya:

Makan makanan yang bergizi dengan porsi yang teratur. Akhir-akhir ini, mengingat aku pernah sakit parah dan tidak pernah makan (sebenarnya sudah tidak mau ungkit lagi), akhirnya sekarang kulampiaskan sama yang namanya makanan. Sekarang aku makan 4-5 kali sehari. What? Tidak usah heran, biasa aja. Betul sekali bahwa aku memang makan seperti itu, yang aku sayangkan adalah buah yang bergizi masih jarang di rumahku jadi belum ada yang menjadi penyeimbang porsi makan aku. Ingat yah, sebenarnya yang paling dianjurkan adalah 3 kali sehari. Tapi…sekarang aku lagi doyan, jadi tidak masalah ya.. hehehehehe.

Selanjutnya, olahraga teratur. Dulu, aku paling malas bahkan sama sekali tidak pernah olahraga. Mengapa? Malas aja. Mau di bilang ada waktu, banyak banget tapi setiap mau olahraga pasti dipikiranku “akhh, lagi malas”. Nah, sekarang waktunya kata-kata itu mulai aku tutup dan simpan di dalam sebuah kardus terus aku jual (Stop! Bercandanya nanti dulu, sekarang lagi serius). Setiap pagi kuluangkan sedikit waktuku untuk olahraga kecil, kecil banget, yaitu dengan senam, push up, sit up, lari di tempat, dan berbagai olahraga kecil lainnya. Hal ini aku maksudkan biar tidak cepat kelelahan dan kondisi badan terus terjaga.

Selain itu, tidak bedagang, ekhh begadang maksudnya. Ini cukup susah bagiku karena malam adalah salah satu yang bisa aku lakukan untuk menghabiskan waktu di rumah. Soalnya kalau pagi sampai sore aku jarang di rumah, palingan untuk makan doang. Tapi, karena ingin sehat jadi aku berusaha untuk tidak begadang. Aku tidur sekitar jam 10 malam, setelah ngutak ngatik laptop dan nonton TV aku mulai terlelap. Tidak mendengkur kok, hehehhehe.

Mungkin masih banyak lagi cara mengatur pola hidup sehat, tapi satu yang penting yaitu pikiran alias “stres”. Ini sangat susah bagi aku, ingin sehat tapi pikirannya sangat bertubrukan. Aku sering galau. Pikiran sering tidak karuan. Jadi, bagaimana dong? Tips yang paling mujarab adalah sering nonton komedi. Kenapa harus komedi? Betul, karena dengan begitu kita akan sering ketawa sehingga bisa membuat pikiran kita menjadi tenang dan tidak ‘stres’ lagi. horeeeeee.

Cukup sudah mengatur pola hidup sehat. Semoga aku, kamu, dia, mereka dan kita semua bisa terus sehat dan kuat. Karena ingat “Sehat itu Pikiran”. Jika kamu terus berfikir yang sehat maka sehat juga ada padamu tapi kalau pikiranmu sudah sakit, maaf saja sakit kan segera mendekatimu.

Well, keep your health. Your health is your soul…..


Related Story for Esai

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah menyempatkan diri untuk membaca artikel di atas. Sekarang waktunya untuk memberikan komentar, saran, kritik atau masukan demi karya yang lebih baik lagi. Buat kalian yang tidak memiliki akun google, bisa diganti dengan NAME/URL