Kamis, 15 Mei 2014

Lomba Cipta Cerpen Tingkat Nasional - FAM Publishing (DL: 25 Juni 2014)

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1435 Hijriyah dan Hari Sastra Nasional 3 Juli 2014 mendatang, Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia menggelar Lomba Cipta Cerpen Tingkat Nasional. Lomba ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya apa pun.
Sekjen FAM Indonesia, Aliya Nurlela, Kamis (15/5), menyatakan, lomba ini telah dibuka pada tanggal 5 Mei 2014 dan naskah diterima paling lambat pada 25 Juni 2014, sementara nama-nama pemenang akan diumumkan pada 3 Juli 2014, bertepatan dengan peringatan Hari Sastra Nasional.
Disebutkan, lomba ini bertema “Indonesia Masa Depan yang Diimpikan”. Sub tema tentang Kepemimpinan (sosok Presiden dambaan rakyat), Kesenjangan Ekonomi, Pendidikan dan Sosial, dan Kerukunan Antar Umat Beragama.
“Dari tema dan subtema itu, silakan difiksikan menjadi cerpen yang menarik dan enak dibaca,” kata Aliya Nurlela yang juga penulis Novel “Lukisan Cahaya di Batas Kota Galuh”.
Selain itu, naskah cerpen harus asli (original) karya sendiri, bukan jiplakan atau terjemahan dan sedang tidak diikutsertakan pada lomba lain yang bersamaan. Cerpen mengandung unsur kebaruan dan memuat pesan moral serta memberi pencerahan kepada pembaca.
Lebih teknis lagi, paparnya, naskah cerpen diketik di komputer dengan ukuran A4/kuarto, maksimal 2-3 halaman 1 spasi), ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Peserta menuliskan Biodata (ditulis dalam bentuk narasi) dibubuhkan di lembar terakhir naskah. Cerpen yang diikutsertakan maksimal 2 (dua) judul.
Naskah dikirim ke panitia lomba via email: lombafamindonesia@gmail.com. Subjek Email ditulis: LOMBA CIPTA CERPEN FAM_NAMA PENULIS. Peserta diharuskan menulis surat pengantar yang menyebutkan karya adalah asli (original) dan belum pernah dipublikasikan serta mencantumkan alamat lengkap serta nomor kontak yang dapat dihubungi.
Sebagai tanda apresiasi, FAM Indonesia menyediakan hadiah berupa: Uang tunai Rp250.000 + Paket Buku + Piagam Penghargaan (Juara 1), Uang tunai Rp200.000 + Paket Buku + Piagam Penghargaan (Juara 2), dan Uang Tunai Rp150.000 + Paket Buku + Piagam Penghargaan (Juara 3).
“Empat puluh cerpen pilihan (3 cerpen pemenang dan 37 cerpen nominasi) akan dibukukan, dan seluruh peserta akan mendapat piagam penghargaan,” tambah Aliya Nurlela.


Sumber: dakwatuna.com


Related Story for Info Lomba

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah menyempatkan diri untuk membaca artikel di atas. Sekarang waktunya untuk memberikan komentar, saran, kritik atau masukan demi karya yang lebih baik lagi. Buat kalian yang tidak memiliki akun google, bisa diganti dengan NAME/URL