Kamis, 09 Juli 2015

Temukan Passion untuk Raih Kesuksesan

Temukan Passion untuk Raih Kesuksesan
Dalam acara Workshop and Training di GRACE (Greenfield Language College) kemarin (9/7/15) bersama Bunda Ariani, S.Pd., seorang teacher dan trainer yang sudah berpengalaman, kami sempat berbicara soal "passion".

What is Passion?

Apa itu passion? Dalam Bahasa Inggris, passion bermakna nafsu, keinginan besar, atau kegemaran. Passion juga bisa bermakna suatu hal yang dilakukan dengan cinta, penuh semangat, dan tanpa beban. Makna lain dari passion itu berarti suatu emosi yang kuat yang dimiliki oleh kita semua yang ketika dilakukan akan menimbulkan pekerjaan yang bermakna.

Why do You Need to Know Passion?

Kenapa harus tahu passion? Menurut Richard St. John, passion is lead to success. Passion itu memimpin kita menuju kesuksesan. Banyak orang di dunia ini yang telah 'tersesat' karena melakukan suatu pekerjaan tanpa mengikuti passion mereka. Maksudnya, pekerjaan yang mereka lakukan bertahun-tahun adalah karena tuntutan profesi dan mengejar materi, bukan yang datang secara 'ajaib' melalui hati mereka. Hingga banyak yang membuat orang menjadi stres saat merasa terbebani dengan pekerjaan mereka.

Ada suatu kisah, seorang chef wanita yang bekerja di hotel berbintang. Masakan chef itu enak dan digemari banyak orang. Gaji yang diperoleh juga begitu mumpuni. Suatu hari, dia tidak sengaja lewat di Bantar Gebang, yang penuh dengan anak jalanan. Dilihatnya beberapa anak yang sedang memulung di gunung sampah, ibu-ibu yang menggendong bayinya dengan sarung yang lusuh, pemuda-pemuda yang menenteng gitar klasik pun gendang untuk mengamen, hingga beberapa anak yang sedang melipat-lipat buku yang berserakan di jalan untuk dijadikan pesawat kertas.

Tiba-tiba, hati chef wanita itu tergerak. Dia menuju ke anak-anak yang sedang main pesawat-pesawatan. Lalu, dia iseng bertanya, "Kamu bisa baca buku ini?" Ditunjuknya salah satu buku bacaan yang tergeletak.

Anak yang ditanya menatap chef heran. "Tidak. Aku tidak bisa membaca."

"Apa kamu ingin belajar?" tanya chef yang membuat anak-anak di tempat itu semakin antusias. Mereka segera menjawab, "Ya, tentu mau." Chef kemudian mengajari mereka membaca. Chef merasa senang sekali. Chef mengajari anak-anak itu hingga malam menjelang. Lalu, chef segera pulang.

Begitupun keesokan harinya. Saat di dapur hotel, pikiran chef terus tertuju pada anak-anak di Bantar Gebang. Jiwanya seakan di tempat tersebut. Setelah jam kerja berakhir, dia segera menuju ke Bantar Gebang, menemui anak-anak yang kemarin, dan mengajari mereka kembali membaca. Kali ini, dia bahkan lupa waktu hingga mengajari anak-anak tersebut hingga malam, padahal dia masih punya jam malam di hotel.

Setelah masuk ke dunia anak-anak, Si Chef mengambil keputusan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya di hotel sebagai chef, yang meskipun gaji mumpuni tapi dia merasa tersiksa karena hatinya bukan di situ. Dia lalu memutuskan untuk menjadi guru masak, karena hatinya memang dibawa untuk mengajar banyak orang.

Berdasarkan kisah tersebut, saat kita bekerja tanpa mengikuti passion, meskipun mungkin dapat menopang ekonomi tapi bekerja tanpa menggunakan hati akan membuat kita mudah tersiksa dan stres. Sebenarnya ada banyak kisah orang yang 'tersesat' karena tidak mengikuti passion mereka. Seperti seorang dokter yang ternyata lebih tertarik sebagai pemain biola, pengacara yang ternyata lebih tertarik pada pendidikan. Maka dari itu, temukan passion kalian demi meraih kesuksesan. INGAT! Saat kita bekerja dengan mengikuti passion maka semua akan mudah dan lancar.

How to Find Passion?

Bagaimana menemukan passion? Passion itu berasal dalam diri kita masing-masing. Passion ialah memberi bukan menerima. Menemukan passion itu adalah kamu sendiri. Namun, hal yang paling penting untuk menemukan passion ialah silahkan jawab pertanyaan berikut:
  • Hal apa yang paling suka dilakukan hingga dapat membuat kamu lupa waktu, namun sesuatu itu bermakna bagi kamu dan orang lain?
  • Hal apa yang saat dilakukan, kamu rela tidak dibayar demi melakukan itu, namun bermanfaat bagi banyak orang?
  • Hal apa yang membuat kamu lebih hidup saat melakukannya, namun berguna bagi banyak orang?
Berdasarkan pertanyaan tersebut, passion itu sesuatu yang paling senang kita lakukan, tulus melakukannya, tidak ada beban sama sekali, dan bermanfaat bagi banyak orang. Masih bingung apa passion kamu? Silahkan jawab dengan hati 27 pertanyaan cara menemukan passion. Download pertanyaannya DI SINI.

Lantas, passion saya apa? Setelah mengetahui apa itu passion dan menjawab beberapa pertanyaan untuk menemukan passion. Rupanya passion saya adalah dalam dunia tulis menulis. Saya sangat senang menulis atau mengarang. Saya berharap bisa menjadi professional author. Terkadang, ketika menulis, saya bisa sampai lupa waktu, membuat saya lebih hidup, dan bahkan saya rela untuk tidak dibayar demi menulis.

Nah, apa passion kamu?


Related Story for Informasi ,Motivasi

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah menyempatkan diri untuk membaca artikel di atas. Sekarang waktunya untuk memberikan komentar, saran, kritik atau masukan demi karya yang lebih baik lagi. Buat kalian yang tidak memiliki akun google, bisa diganti dengan NAME/URL