Senin, 12 Agustus 2013

Ziarah Kubur Habis Lebaran

Uhhh, masih suasana lebaran nih! Ayo pada kemana, habis lebaran ini? Kebun binatang? Pantai? Situs kuno? Rumah nenek plus kakek?

Kalau aku sih yang sudah menjadi tradisi keluarga. Sehabis lebaran, pastinya kami berkunjung ke pemakaman para keluarga kami yang telah lalu. Berziarah ke kuburan mereka sembari mengirim doa. 

Inilah yang saya lakukan sehabis lebaran ini. Bersama keluarga, aku berangkat dengan menggunakan kendaraan sepeda motor. Tapi, beberapa keluarga lainnya juga ada yang naik mobil. Kebanyakan sih!

Lokasi pemakaman nenek-kakek ada di Desa Pongka, Kecematan Tellu Siattinge, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia. Wuhh, lengkapnya. Ibu saya asli desa itu, sementara sang ayah si pria Kampung Baru, nama desa nih.

Kami berbondong-bondong datang ke pemakaman yang terletak di atas bukit. Jalan yang terjang dan pendakian yang melelahkan tak pernah sekalipun menyurutkan langkah kaki kami untuk datang mengirimkan surah Al-Fatihah untuk para keluarga yang telah meninggal.

Kami pun mendoakan agar mereka tenang di alam sana. Selain itu, beberapa artikel yang pernah saya baca bahwa ziarah kubur itu selain untuk datang mendoakan mereka, juga agar diingatkan mengenai adanya kematian itu sendiri. Bahwasanya setiap manusia yang pernah lahir di dunia ini, suatu hari nanti bakal menemukan titik akhir di mana mereka akan kembali pada-Nya, Tuhan Yang Maha Pemilik Segala Sesuatu. Allahu Akbar!

Di tengah ziarah kubur yang aku lakukan bersama keluarga. Tak lupa cepret sana cepret sini. Kata orang sih untuk kenang-kenangan,, huhuhuhu. Silahkan nih intip foto-fotonya.

ziarah kubur habis lebaran

ziarah kubur habis lebaran

ziarah kubur habis lebaran

Selain ziarah kubur, tak lupa saya sempatkan berkunjung ke rumah-rumah sanak saudara, menjalin silaturahmi bersama plus ngga lupa nyicipin kue-kue mereka, hahaha :D *ngga lucu*


Related Story for Jalan-jalan

Comments
5 Comments

5 komentar:

  1. ziarah kubur biasanya juga bisa untuk habis solat idul adha ya? selain setelah idul fitri

    BalasHapus
  2. blog ini postingannya keren keren abis pokoknya

    BalasHapus
  3. blog ini artikel fresnya selalu enak kalau untuk dibaca blogger

    BalasHapus
  4. good blog, saya suka sekali dengan isinya. nice idea.....

    BalasHapus
  5. ziarah kubur dalam konteks mendoakan arwah yang sudah meninggal itu diperbolehkan, yang tidak boleh adalah meminta pada arwah

    BalasHapus

Terima Kasih telah menyempatkan diri untuk membaca artikel di atas. Sekarang waktunya untuk memberikan komentar, saran, kritik atau masukan demi karya yang lebih baik lagi. Buat kalian yang tidak memiliki akun google, bisa diganti dengan NAME/URL