Kamis, 24 Desember 2015

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, BUKAN Merayakan

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, BUKAN MerayakanSelamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Ingat, kita "memperingati", bukan "merayakan". Hal ini banyak yang membuat kesalahapahaman di masyarakat. Hmhm, hari lahir Nabi saja dirayakan, masa kita nggak. Pertanyaannya? Emang kamu nabi? Permasalahnnya, sekali lagi kita tidak merayakan tapi memperingati.

Emang beda? Ya tentu beda.
Pada kata dasar saja sudah sangat beda.
"Merayakan", dari kata dasar "raya". Sementara "memperingati", dari kata dasar "ingat". Jadi sebenarnya, saat ini kita sedang diminta untuk mengingat bahwa pada hari ini berabad-abad lalu telah dilahirkan sesosok AL-AMIN (yang dipercaya), yang patut kita teladani.

Maulid Nabi Muhammad SAW kadang-kadang Maulid Nabi atau Maulud saja (bahasa Arab: مولد النبي‎, mawlid an-nabī), adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arabberarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad. (Wikipedia, 2015)

Jadi, dengan adanya peringatan ini, se'enggak'nya kita telah mengingat kembali hari lahir Nabi, berikut keteladanannya. Kalau tidak ada macam ini, toh mungkin kalian sudah lupa, masa lalu bareng mantan kalian saja cepat gitu dilupain, eh.

male - Maulid Nabi Muhammad

Kalau di daerah saya, setiap masjid biasanya yang memperingati Maulid Nabi dengan meminta masyarakat untuk membawa makanan yang disebut "male" dengan berisi telur rebus, nasi ketan, bawang goreng, dan dihias dengan bunga kertas. Tujuan utamanya selain membangun silaturahim, juga untuk saling berbagi.

Bagaimana dengan daerah kalian?


Related Story for Informasi ,Religi

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah menyempatkan diri untuk membaca artikel di atas. Sekarang waktunya untuk memberikan komentar, saran, kritik atau masukan demi karya yang lebih baik lagi. Buat kalian yang tidak memiliki akun google, bisa diganti dengan NAME/URL